Gereja Katolik Dilarang Berkati Pernikahan Sejenis, Vatikan: Tidak Mungkin Tuhan Memberkati Dosa

Bendera LGBTQ sumber: IJS Media Network
Bendera-LGBTQ

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Vatikan – Vatikan menyatakan Gereja Katolik tidak mempunyai kuasa untuk memberkati pernikahan sesama jenis, Senin (15/3/21).

Hal ini disampaikan Paus Fransiskus dengan mengatakan pernyataan itu tidak dimaksudkan sebagai bentuk diskriminasi yang tidak adil, melainkan pengingat akan kebenaran ritus liturgi.

Dilansir BBC, Kongresi Doktrin Iman (CDF) mengatakan, tidak mungkin bagi Tuhan untuk memberkati dosa, Senin (15/3/21).

CDF menuturkan, pernikahan antara seorang pria dan seorang wanita adalah sakramen dan oleh karena itu berkat tidak dapat diberikan kepada pasangan sesama jenis.

“Untuk alasan ini, tidak sah untuk memberikan berkat pada hubungan, atau kemitraan, bahkan stabil, yang melibatkan aktivitas seksual di luar pernikahan, seperti kasus persatuan antara orang-orang yang berjenis kelamin sama, “katanya.

Beberapa paroki dalam beberapa bulan terakhir, seperti Jerman dan AS, telah mulai memberikan berkat kepada orang-orang yang memiliki hubungan sesama jenis sebagai cara untuk menyambut umat Katolik gay ke gereja.

Charlotte Clymer, dari Catholics for Choice menanggapi hal ini dalam akun twitterrnya.

“Menjadi LGBTQ bukanlah sebuah pilihan. Orang-orang LGBTQ dibuat dengan luar biasa oleh Tuhan. Kita dilahirkan dengan cara ini dan begitu sempurna, terlepas dari apa yang mungkin diklaim oleh Vatikan atau otoritas agama lainnya.”

Dan Francis DeBernardo, direktur eksekutif dari kelompok gay Catholic New Ways Ministry, mengatakan pernyataan Vatikan “tidak mengejutkan, tetapi tetap mengecewakan”.

(ANS/IJS)

READ  Israel Akan Kembangan Sistem Kemanan dengan Negara Teluk Arab

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email