KPK Jebloskan Mantan Bupati Bogor ke Sukamiskin

Lapas Sukamiskin. (Foto: Okezone)

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Jakarta – Mantan Bupati Bogor Rachmat Yasin dijebloskan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Langkah itu dilakukan jaksa eksekusi KPK menindaklanjuti putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung Nomor: 75/Pid.Sus-TPK/2020/PN. Bdg tanggal 22 Maret 2021.

“Jaksa Eksekusi KPK, Irman Yudiandri, telah selesai melaksanakan putusan PN Tipikor pada PN Bandung dengan cara memasukkan terpidana Rachmat Yasin ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Sukamiskin,” terang Plt. Juru Bicara Penindakan KPK, Ali Fikri, Kamis (8/4/2021).

READ  Di Penjara, Napi Atur Penyelundupan 171 Kg Sabu dari Malaysia

Yasin akan menjalani pidana penjara 2 tahun 8 bulan dikurangi selama berada dalam masa tahanan. Selain itu, ia dihukum membayar pidana denda sejumlah Rp200 juta dengan ketentuan jika denda tidak dibayar maka akan diganti pidana kurungan selama dua bulan.

Yasin divonis bersalah melakukan tindak pidana korupsi yang dilakukan secara berlanjut.
Hakim menilai Yasin telah terbukti melakukan tindak pidana korupsi setelah menerima gratifikasi dari sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Bogor yang nilainya mencapai Rp8,9 miliar. Selain itu, ia juga menerima tanah seluas 170.447 meter persegi dan mobil seharga Rp773 juta.

Uang tersebut digunakan Yasin untuk kepentingan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bogor 2013 dan Pemilu 2014.

“Terpidana [Rachmat Yasin] sebelumnya telah setor uang sejumlah Rp9.786.223.000,00 ke rekening penampungan KPK dan uang tersebut ditetapkan majelis hakim sebagai pembayaran uang pengganti terpidana yang akan disetorkan pada kas negara,” terang Ali.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email